Sunday, January 26, 2020

Bahaya Alkohol Bagi Kesehatan Tubuh

Image by Unsplash
Terkadang minum minuman beralkohol merupakan gaya hidup seseorang karena mengikuti trend atau karena pengaruh lingkungan yang mendukung. Ada yang beranggapan bahwa saat mabuk oleh minuman beralkohol, mereka akan merasakan kebebasan serta ketenangan sejenak dari hiruk-piruk kehidupan. Dalih inilah yang sering kali dipakai, sehingga candu terhadap minuman beralkohol tidak bisa dihindarkan.

Bayaknya merek minuman beralkohol pun menjadi faktor seseorang terus mencoba dan mencoba sesuatu yang berbeda. Dari harga yang murah hingga harga bir yang mahal, seperti merek Anker, Guinness Can, San Miguel, Heinekel, dan lainnya. Merek tersebut jika terus menerus meminumnya dapat memicu candu akut.

Sekali lagi terlalu banyak minum minuman beralkohol dapat memicu kecanduan pada seseorang. Jika sudah mengalami candu terhadap minuman beralkohol, maka akan sulit untuk menahan atau tidak minum alkohol. Bila keinginannya tidak terpenuhi, orang tersebut akan merasakan gejala tertentu yang mengganggu aktivitasnya, seperti merasa sangat lelah, tidak nafsu makan, emosi tidak stabil dan susah mengontrol, perasaan yang terus gelisah, sulit tidur, hingga merasakan stress berat.
Selain gangguan di atas, ternyata penyakit lain sedang menunggu bagi pecandu berat minuman beralkohol, diantaranya:


Kerusakan Pada Jantung

Mengonsumsi alkohol secara berlebihan dapat melemahkan otot-otot pada jantung. Akibatnya, aliran darah ke seluruh tubuh akan menjadi terganggu. Zat alkohol bisa mengakibatkan kardiomiopati, seperti detak jantung tidak teratur (aritmia), sesak napas, kelelahan, dan batuk yang terus menerus tanpa henti. Selain itu, alkohol juga dapat meningkatkan risiko stroke, dan hipertensi.
Peradangan Pada Pankreas (Pankreatitis)

Terlalu banyak zat alkohol di dalam tubuh akan menyebabkan pankreas mengalami penumpukan enzim. Penumpukan enzim berlebih di dalam pancreas tersebut bisa menyebabkan peradangan atau yang disebut dengan pankreatitis. Pankreatitis jika keadaannya parah, maka biasanya aka muncul berbagai gejala ditandai dengan detak jantung meningkat, sakit perut, mual dan muntah, juga demam. Jika kebiasaan minum alkohol dibiarkan tidak ada usaha untuk berhenti, maka bukan tidak mungkin hilang nyawa menjadi ancamannya.


Merusak Bagian Otak

Zat pada alkohol dapat menyebabkan kerusakan pada otak, efeknya memperlambat penyaluran informasi antar saraf. Bukan hanya itu, kandungan etanol pada minum minuman beralkohol dapat menyebabkan kerusakan spesifik pada beberapa area di otak.

Akibatnya, seseorang akan mengalami serangkaian gejala, seperti kecemasan, perubahan perilaku dan suasana hati, hingga kejang, bahkan bisa hilang ingatan. Lebih parah lagi jika orang tersebut adalah pecandu, akan mengalami berbagai komplikasi masalah otak secara perlahan.


Infeksi Pada Paru-paru

Saat seseorang sudah kecanduan alkohol, daya tahan tubuhnya perlahan dapat melemah dan semakin lemah. Akibatnya, beberapa organ tubuh akan kesulitan untuk melawan bakteri dan virus penyebab penyakit. Selain itu, pecandu alkohol juga lebih rentan terhadap infeksi penyakit pernapasan seperti TBC dan juga pneumonia serta penyakit lainnya.


Kerusakan Pada Hati

Kita ketahui organ hati berfungsi untuk menyaring racun dan limbah tak terpakai sehingga tidak menumpuk dalam tubuh. Mengonsumsi minuman keras yang berlebih akan mengakibatkan kinerja hati melambat sehingga menimbulkan gangguan hati. Terdapat kasus transplantasi hati karena konsumsi alkohol berlebihan, candu akut.

Kerusakan Pada Ginjal

Efek diuretik pada minuman beralkohol dapat meningkatkan jumlah urine yang diproduksi oleh tubuh. Akibatnya, ginjal mengalami kesulitan untuk mengatur aliran urin dan cairan tubuh termasuk distribusi kalium, ion natrium, dan klorida ke seluruh tubuh. Kondisi ini dapat menyebabkan gangguan pada keseimbangan elektrolit dalam tubuh yang menyebabkan seseorang mengalami dehidrasi.

Itulah beberapa penyakit yang siap menyerang bagi siapa saja yang sudah candu terhadap minuman beralkohol, bahkan bisa alcoholic yang akut. Penyakit-penyakit di atas bisa dicegah dan disembuhkan dengan cara berhenti dari kebiasaan buruk minum minuman alkohol, diganti dengan minum yang banyak seratnya dan gaya hidup sehat.


EmoticonEmoticon