Wednesday, October 30, 2019

Pilihan Investasi yang Aman Saat Resesi Ekonomi

Image by Jogja Tribun
Kondisi resesi bukanlah kondisi yang ideal bagi perekonomian suatu negara. Pada periode ini, ekonomi akan cenderung melambat dan menghambat pertumbuhan ekonomi suatu negara. Dunia investasi pun akan menjadi salah satu yang terdampak karena beberapa investasi cenderung berisiko menghasilkan kerugian.

Meskipun kondisi resesi kurang bersahabat bagi dunia investasi, bukan berarti Anda tidak bisa melakukan investasi sama sekali pada fase tersebut. Justru, Anda bisa mengambil peluang dengan memilih beberapa skema investasi yang tepat pada periode tersebut. Lalu, apa sajakah pilihan investasi yang cocok saat resesi ekonomi terjadi? Berikut ini beberapa tips investasi yang bisa Anda coba.


Investasi Obligasi

Obligasi merupakan salah satu instrument investasi yang bisa Anda pilih saat memasuki masa resesi. Sebab, obligasi menjanjikan imbal hasil yang pasti dalam durasi yang telah ditentukan juga. Anda bisa memilih obligasi dari perusahaan-perusahaan swasta atau membeli obligasi ritel Indonesia (ORI). Jika dibandingkan diantara keduanya, ORI tergolong lebih aman dibandingkan Obligasi swasta meski imbal hasil yang ditawarkan tidak selalu lebih menarik dibandingkan obligasi swasta.


Investasi Mata Uang Safe Haven

Sebagai negara berkembang, mata uang Rupiah cenderung mudah terpengaruh terhadap perekonomian dunia. Kondisi ini membuat mata uang Rupiah cenderung lebih rentan terutama saat memasuki masa resesi. Agar dapat melindungi nilai aset yang Anda miliki, maka ada baiknya untuk berinvestasi pada mata uang yang tergolong safe haven. Mata uang save haven tergolong lebih aman dari krisis nilai intrinsiknya sehingga Anda bisa lebih tenang untuk menyimpannya saat masa resesi terjadi. Beberapa mata uang safe haven yang bisa dipilih antara lain seperti US Dollar, Euro dan Poundsterling.


Investasi Properti

Jika Anda memiliki aset dengan nominal yang cukup besar, maka tidak ada salahnya untuk mengalokasikannya ke dalam bentuk properti. Investasi properti tergolong sangat aman karena nilainya yang selalu naik setiap tahunnya. Bahkan, investasi yang satu ini tidak terdampak oleh resesi seiring permintaan akan property yang selalu bertumbuh dari tahun ke tahun. Jadi, investasi property bisa menjadi pilihan bijak untuk Anda yang ingin melindungi nilai aset saat masa resesi terjadi.

Demikian beberapa tips investasi yang bisa Anda lakukan selama masa resesi terjadi. Melakukan diversifikasi aset saat masa resesi sangatlah penting agar dapat melindungi nilai aset yang Anda miliki saat masa-masa yang kurang menguntungkan. Semoga bermanfaat.


EmoticonEmoticon