Friday, August 23, 2019

Air Alkali, Air Jenis Apa Itu?


Air alkali mungkin masih terdengar agak asing di telinga kita. Air alkali atau disebut juga air yang mengandung pH 8+ dianggap berguna bagi kesehatan tubuh. Menurut penelitian, air dengan kandungan pH 8+ bisa mengembalikan pH tubuh yang semula asam menjadi normal kembali. Selain itu, apa fungsi air alkali untuk tubuh


Apa itu air alkali ?


Pada umumnya, air ini mirip dengan air biasa. Hanya saja air alkali memiliki pH 8+ dan ada kandungan ORP negatif di dalamnya. ORP atau Oxidation Reduction Potential merupakan kemampuan air yang dapat bertindak menjadi antioksidan. Semakin tinggi kandungan ORP negative yang terdapat dalam air, maka semakin baik kondisi air tersebut untuk di konsumsi.

Fungsi air alkali


1. Menjaga cairan dalam tubuh


Hal ini dapat dibuktikan melalui sebuah penelitian yang terdapat dalam Journal of The International Society of Sports Nutritions pada tahun 2016. Penelitian ini mengungkapkan bahwa orang yang meminum air biasa dengan pH 7 atau pH netral memiliki kandungan darah yang lebih kental dari orang yang meminum air dengan pH 8+ atau air alkali.

Darah yang kental bisa menjadi tanda kurangnya kandungan air yang ada dalam darah. Ini kemudian menyebabkan darah tidak dapat mengalir dengan lancar. Dengan bantuan air alkali ini, darah akan mendapat cairan yang cukup sehingga bisa mengalir dengan lancar ke seluruh tubuh dan terhindar dari yang namanya hidrasi pada tubuh.

2. Membantu menetralisir kelebihan asam


Kandungan pH 8+ menandakan bahwa air itu tergolong dalam sifat basa. Air yang bersifat basa mampu membantu mengurangi kadar keasaman berlebih dalam tubuh. Dengan begitu, pH tubuh yang semula asam bisa menjadi netral kembali. Jika pH tubuh sudah seimbang, maka Anda dapat dengan mudah terhindar dari sakit kepala, mual, dan muntah.

3. Mampu mengontrol tekanan darah


Fungsi air alkali yang lain yakni mampu mengontrol tekanan darah. Berdasarkan penelitian yang terdapat dalam Shanghai Journal of Preventive Medicine, air alkali atau air dengan pH 8+ mampu mengontrol kadar gula darah dan tekanan darah. Dengan mengonsumsinya selama 3-6 bulan, lipid darah mengalami penurunan drastis dan kadar gula dalam darah serta tekanan darah kembali normal.

Itulah tadi beberapa informasi tentang fungsi alkali untuk tubuh. Jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan tubuh dengan mengonsumsi air yang cukup. Pastikan juga untuk memilih air yang bersifat basa dengan kandungan pH 8+ atau air alkali. Semoga bermanfaat.


loading...


EmoticonEmoticon