Wednesday, April 24, 2019

Kenali 4 Tanda Anda Pemilik Kulit Wajah Berminyak

Image by TribunNews
Iklim daerah tropis yang panas seperti Indonesia mengakibatkan sebagian besar masyarakatnya memiliki tipe kulit wajah berminyak. Biasanya pemilik kulit berminyak memilih make up cleanser wajah yang meninggalkan rasa kesat dan bersih.

Tanda tipe kulit berminyak dapat dikenali berdasarkan ciri-ciri yang terlihat di wajah. Kulit wajah berminyak dapat dikenali dari ciri-ciri berikut.

  1. Munculnya sebum berlebih dan terlihat seperti lapisan minyak yang menutupi permukaan kulit. Hal ini membuat kulit menjadi terlihat mengkilap.
  2. Pemilik kulit berminyak pada umumnya memiliki pori-pori wajah besar. Istilah pori-pori besar sebenarnya merujuk pada pori-pori yang meluas, sehingga terlihat membesar.
  3. Komedo di daerah T-zone juga sering menghinggapi pemilik kulit berminyak. T-zone merujuk kepada area dari dahi, hidung, hingga dagu. Komedo dapat muncul sebagai whiteheads atau blackheads.
  4. Beberapa pemilik kulit berminyak rentan terhadap jerawat. Acne-prone adalah istilah untuk kulit yang rentan jerawat dan breakout. Ketidakseimbangan minyak dan kotoran menumpuk menyebabkan wajah berminyak sangat rentan terhadap jerawat.  

Pemilihan cleanser wajah yang sesuai, entah itu untuk kulit berminyak, maupun  make up cleanser untuk kulit berjerawat sekalipun harus dipertimbangkan dengan baik. Salah pemilihan produk bisa memperparah minyak di kulit, atau malah mengiritasi wajah.

Salah satu panduan dalam memilih pembersih wajah yakni melihat labelnya. Produk-produk pembersih wajah pada umumnya mencantumkan tipe kulit yang cocok untuk pembersih tersebut, apakah kulit normal, sensitif, kering, atau berminyak.

Pilih label produk yang sesuai dengan kondisi kulit wajah. Wajah dengan tipe berminyak dapat memilih produk dengan label yang ditujukan untuk kulit berminyak. Pembersih khusus wajah berminyak tentunya telah diformulasikan agar membersihkan kelebihan sebum yang diproduksi oleh wajah.

Brand kecantikan Nivea memiliki variasi makeup cleanser wajah untuk berbagai jenis kulit yang sesuai dengan iklim di Indonesia. Mulai dari facial foam, facial scrub, cleansing milk, cleansing toner, hingga micellar water, dapat dipilih dan disesuaikan dengan kondisi kulit.

Intinya, kenali tipe kulit seperti apa, agar bisa mencari produk dan memberikan treatment yang tepat. Kunci dari kulit yang sehat dan cerah adalah perawatan yang sesuai.

loading...


EmoticonEmoticon