Saturday, December 8, 2018

Ini Pentingnya Menguasai Grammar Saat Belajar Bahasa Inggris

Image by Unsplash
Belajar bahasa memang memiliki tingkat kesulitan sendiri-sendiri. Entah itu bahasa Inggris maupun bahasa asing lainnya. Bagi yang ingin menguasai bahasa Inggris, biasanya diharuskan untuk menguasai grammar terlebih dahulu. Grammar atau biasa disebut tata bahasa perlu dikuasai untuk memperkuat struktur bahasa dan kefasihan penggunaan bahasa Inggris. Sayangnya belajar grammar bagi sebagian orang dianggap sulit. Tak sedikit yang mengeluh dan menyerah sehingga mengabaikan grammar yang baik dan benar saat menggunakan bahasa Inggris. 

Menguasai grammar sangat diperlukan untuk menunjang keterampilan berbahasa Inggris, seperti listening, speaking, writing, maupun reading. Tanpa grammar yang baik maka bisa dikatakan kita tidak akan mampu berbahasa dengan baik pula, sehingga grammar tidak bisa diabaikan begitu saja. Grammar dalam bahasa Inggris dikelompokkan menjadi 8 bagian, pronoun (kata ganti), noun (kata benda), verb (kata kerja), adjective (kata sifat), adverb (kata keterangan), determiner, preposition (kata depan), conjunction (kata hubung). Kesemuanya ini harus kita kuasai jika ingin fasih berbahasa Inggris. Saat Anda belajar di lembaga kursus, pastinya Anda akan selalu mendapatkan materi grammar. Tak terkecuali saat belajar di English First (lengkapnya klik tautan berikut https://www.ef.co.id/englishfirst/adults/why-ef). Hal ini bukan tanpa sebab, karena grammar dalam berbahasa akan memiliki peran sebagai berikut:

  1. Membuat bahasa lebih terstruktur sehingga kalimat atau ide yang diucapkan bisa tersampaikan dengan baik dan benar.
  2. Dengan berbicara dan menulis bahasa Inggris sesuai dengan gramatikal, maka akan terlihat kredibilitas personal seseorang baik untuk konteks formal maupun non formal.
  3. Sebagai indikator kecerdasan seseorang dalam penguasaan bahasa Inggris baik.
  4. Membuka kesempatan kerja yang lebih bagus karena memiliki kemampuan berbahasa Inggris yang baik dan terstruktur.

Belajar grammar tidak akan terlalu sulit jika memiliki niat dan kemauan yang kuat. Untuk pemula, bisa belajar dari hal yang paling dasar, seperti belajar tenses, verb, adjective, phrase, clause, dan hal-hal dasar lainnya. Kemudian baru mulai mempelajari struktur atau formula dalam tenses bahasa Inggris. Jika sudah cukup menguasai, Anda bisa mengikuti les grammar lanjutan bahasa Inggris agar semakin mahir. Sebaiknya pilih lembaga kursus dengan sistem pengajaran yang bagus dan berkualitas agar kemampuan grammar Anda semakin meningkat. 


EmoticonEmoticon