Thursday, March 15, 2018

Ingin Lebih Hemat Data Paket Internet? Coba 5 Cara Ini!

Photo by freestocks.org on Unsplash
Sejalan dengan kebutuhan akan gadget yang begitu tinggi, maka tidak bisa dipungkiri jika tingkat pengeluaran untuk pulsa juga kian bertambah, faktanya memang gadget baik itu ponsel, tablet maupun laptop tanpa diimbangi dengan hal yang satu ini maka tak akan bisa digunakan untuk apapun. Mengingat dengan adanya hal-hal inilah yang memungkinkan Anda untuk akses secara lebih mudah, komunikasi dalam bentuk SMS, telepon ataupun internetan. Hanya saja belakangan tak lagi menggunakan pulsa secara langsung, karena mereka lebih banyak berkomunikasi lewat internetan, sehingga nantinya pulsa akan digunakan untuk daftar paket internet.

Termasuk dalam kebutuhan yang sangat vital memang, apalagi bagi anak muda yang sebagian besar waktunya dihabiskan dengan memegang sarana komunikasi tersebut, main game online, chatting, video call atau yang lainnya. semua berpotensi untuk menguras habis jumlah data yang ada dalam ponsel Anda tersebut. Hal inilah yang membuat orang menjadi jauh lebih boros dalam pemakaian pulsa dan sejenisnya, karena harus menunjang hal-hal tersebut yang nilainya tak bisa dikatakan murah.

Namun jangan khawatir karena masih ada cara yang bisa dilakukan untuk membuat paket internet Anda jadi jauh lebih hemat dibandingkan dengan sebelumnya, diantaranya adalah:

  1. Hanya mengaktifkan internet pada saat diperlukan saja, kecenderungan boros sebenarnya tak lain disebabkan oleh jaringan internet yang selalu aktif, sehingga semua jenis perangkat akan keluarkan notifikasi dan sambungan secara langsung ke media tersebut lewat internet. Meskipun tidak banyak, namun tetap saja akan mengurangi jumlah data paketan yang sudah Anda miliki. Sehingga cara yang paling aman untuk menekan biaya pengeluarannya adalah dengan mematikan jaringan internet, hanya gunakan di saat-saat tertentu saja.
  2. Hanya memilih paketan yang sesuai kebutuhan Anda, bukan yang diinginkan, karena faktanya dengan membeli paket internetan yang lebih dari jumlah kebutuhan Anda tetap saja akan boros atau membuat penggunaan kian besar pula. Jadi akan jauh lebih aman pakai yang jumlahnya benar-benar pas dengan Anda untuk setiap bulan, sehingga lebih hemat uang.
  3. Manfaatkan wifi di area-area tertentu, sekarang public wifi sangat mudah ditemui dimanapun, ini adalah salah satu fasilitas yang sangat membantu untuk menghemat biaya penggunaan data, bagaimana tidak jika seandainya dengan memanfaatkan wifi gratis ini maka Anda bisa berselancar dengan nyaman untuk akses apapun tanpa harus keluar banyak uang.
  4. Punya lebih dari satu gadget jangan jadikan alasan untuk boros, dengan memiliki lebih dari satu perangkat teknologi salah jika Anda menganggap hal ini akan semakin membuat boros, karena orang cerdas akan memiliki alternatif pemikiran yang lain, salah satu diantaranya adalah dengan menggunakan satu diantaranya untuk tethering data ke satu perangkat lainnya, jadi lebih hemat.
  5. Pakai dua kartu perdana yang berbeda, banyak orang yang menganggap hal ini justru semakin boros, padahal sebenarnya tidak, bagi orang yang cerdas satu nomor hanya dipakai untuk kebutuhan komunikasi dengan keluarga, sedangkan satu nomor diantaranya dipakai untuk menunjang kebutuhan internetan, Anda bisa beli kartu khusus untuk kebutuhan internet saja, ini jauh lebih murah dan juga hemat dibandingkan dengan menggunakan satu kartu untuk daftar bulanan.

Itulah cara efektif menghemat paket internet Anda akan pengeluaran bulanan untuk pulsa tidak semakin membengkak, mengingat biaya untuk kebutuhan yang satu ini pada dasarnya hemat jika digunakan dengan tepat.


EmoticonEmoticon