Monday, February 12, 2018

Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Hamil Tua

Photo by freestocks.org on Unsplash
Memasuki masa trimester ketiga kehamilan atau hamil tua, ibu hamil memasuki kembali ke dalam masa yang rawan sekali. Pada masa ini, ibu harus benar-benar menjaga kondisi janin agar dapat dilahirkan pada waktu yang tepat dengan proses yang mudah dan lancar. Trimester ketiga ini merupakan usia kandungan tujuh bulan sampai sembilan bulan dan memasuki masa melahirkan.

Kehamilan trimester ketiga merupakan saat yang paling mendebarkan bagi ibu hamil, terutama setelah diketahu tanda-tanda melahirkan semakin dekatnya proses persalinan. Beberapa ibu hamil menanggapi kondisi ini dengan perasaan berbeda-beda, ada yang ingin segera melahirkan, bingung, perasaan menjadi tak tentu, bahkan ada yang ketakutan dan panik menjelang mendekatnya proses persalinan, khususnya bagi ibu hamil dengan anak pertama.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat hamil trisemester atau hamil tua agar kondisi ibu dan janin sehat, yaitu sebagai berikut:

Nutrisi
Saat menjelang persalinan, asupan nutrisi menjadi sangat penting sekali bagi ibu. pasalnya ibu hamil membutuhkan zat gizi yang cukup untuk pertumbuhan dan perkembangan janin, persiapan persalinan dan menyusui si bayi sesudah lahir. Yang harus dilakukan adalah mengkonsumsi cukup bahan makanan yang mengandung zat besi seperti sayuran hijau tua, tahu, tempe, kacang hijau, kacang merah dan kacang kacangan lain,  ikan, telur, daging. Memperbanyak minum air putih, agar tidak sering mengalami dehidrasi, dehidrasi dapat memicu persalinan lebih awal. Juga memperbanyak mengkonsumsi buah-buahan.

Istirahat
Istirahat yang cukup sangat penting sekali bagi kebugaran tubuh ibu hami. Jangan terlalu banyak beraktivitas apalagi sampai berlebihan, tidak baik bagi janin juga kesehatan ibu hamil. Saat istirahat/tidur posisi tidurpun harus diperhatikan. Tidak tidur terlentang, apalagi saat trisemester dengan tidur terlentang dapat mempengaruhi tekanan darah, seperti turunnya tekanan darah yang menimbulkan sakit kepala. Jika tidur, sebaiknya ambilah posisi menyamping, terutama menyamping ke sebelah kiri. Hal ini dapat membantu dalam melancarkan peredaran darah ibu hamil.

Relaksasi
Bagi ibu hamil trisemester dianjurkan untuk memperbanyak melakukan aromaterapi atau relaksasi agar jiwa dan perasaan ibu hamil tenang menghadapi persalinan. Selain itu juga dapat mencegah dan mengurai stress pada kehamilan. Seperti dengan mendengarkan musik yang menenangkan pikiran.

Olahraga
Saat hamil bukan berarti tidak bisa atau malas berolahraga, justru olahraga saat diajurkan bagi ibu hamil. Namun jenis olahraga ibu hamil berbeda dengan biasanya. Sudah tersebar di internet porsi dan jenis olahraga untuk ibu hamil, silahkan Googling sendiri. Banyak sekali manfaat yang bisa ibu hamil dapatkan ketika melakukan olahraga. Dengan olahraga diklaim bisa membantu memperbaiki mood ibu hamil, bisa/lebih nyaman ketika tidur, mengurangi rasa pegal-pegal badan dan sakit pinggang. Selain itu, berolahraga ibu hamil bisa lebih siap menghadapi persalinan dan pasca melahirkan, karena daya tahan dan otot-otot tubuh sudah terlatih saat olahraga. 

Demikian hal yang harus diperhatikan ibu saat hamil tua. Dengan cukup melakukannya secara rutin dapat mempermudah persalinan dan diharapkan kondisi janin sehat. terimakasih.


EmoticonEmoticon