Kamis, 02 November 2017

Begini Solusi Alternatif Untuk Ruko Agar Cepat Laku Disewa

Begini Solusi Alternatif Untuk Ruko Agar Cepat Laku Disewa

Ruko merupakan salah satu sasaran yang paling empuk bagi para investor pemula. Prosesnya yang cukup mudah dan simple serta keuntungannya yang cukup menjanjikan dijadikan sebagai alasan utama. Selain itu pada saat ini banyak masyarakat yang mulai untuk membuka usaha sendiri dan menciptakan lapangan pekerjaan dibandingkan dengan mencari pekerjaan dengan melamar ke berbagai perusahaan.

Sayangnya meskipun begitu tidak sedikit para investor yang mulai kelabakan ketika ruko yang mereka miliki kehilangan penyewa atau masih kosong tanpa ada penyewa satupun. Di beberapa daerah tidak sedikit bangunan ruko yang terbengkalai. Seperti tidak memiliki penghuni. Padahal nyatanya ada pemiliknya hanya saja tidak digunakan atau hanya disewakan saja tanpa dimanfaatkan lagi oleh sang oemilik. Disewakan pun belum laku – laku. Untuk mengatasi hal – hal seperti ini yuk simak beberapa solusi yang bisa kamu lakukan dan terapkan agar ruko yang kamu miliki cepat mendapatkan penyewa.

Coba untuk disewakan dengan bayar berjangka
Jika kamu masih tetap keukeuh untuk menyewakan ruko yang kamu miliki. Coba untuk memberikan kemudahan bagi para penyewa untuk membayar uang sewa. Misalnya dengan uang sewa ruko yang bisa diangsur dalam waktu 3 bulan sekali, dengan catatan minimal penyewa menyewa ruko selama dua tahun.  Kamu bisa menemukan titik terang dan cara pembayaran tersendiri yang bisa kamu sepakati dengan penyewa atau kamu sendiri yang membuat keputusan. Usahakan untuk tidak memberatkan satu sisi baik ityu kamu selaku pemilik atau bagi sang penyewa ruko. 

Buka usaha sendiri
Dari pada menunggu oenyewa yang tak kunjung datang. Mengawa tidak disewa sendiri saja. Dalam artian kamu sendiri yang membuka usaha di ruko tersebut. Biaya sewa bisa kamu bebankan dalanm start up capital yang nanti akan mengurangi profit. Yang penting biaya sewa masuk ke kantongmu bukan ? kamu pun bebas membebankan sewa semaumu. Mau dibebankan 0 rupiah pun bisa. Atau bahkan kamu mau membebankan biaya sewa hingga 5 kali lipat pun tidak akan menjadi masalah.

Jalin kerjasama dengan bisnis orang lain
Jika kamu memang bukan tipe orang yang suka melakukan bisnis, atau cenderung seseorang yang merupakan tipe investor. Kamu bisa mencoba untuk menjalin kerjasama dengan teman atau kerabat yang memiliki ti[ikal pebisnis. Ajak mereka untuk menggunakan ruko yang kamu miliki. Biaya ruko bisa dijadikan sebagai investasi kamu ke dalam bisnis yang teman atau kerabatmu jalani. Kamu akan menerima imbalan berupa deviden. Untuk masalah biaaya sewa berikutnya bisa dibebankan pada putaran bisnis yang sudahberjalan. Modal awalmu sesesar biaya sewa ruko pada waktu yang sudah kamu sepakati dengan rekanmi. Dengan begitu selain berinvestasi lagi dalam bidang lainnya, nilai yang kamu dapatkan pun akan terus naik seiring dengan perkembangan bisnis yang temanmu jalani.

Itulah beberapa solusi yang bisa kamu terapkan untuk mengatasi ruko yang masih belum laku atau baru kehilangan sang penyewa. Bagi kamu yang belum terjun, ada baiknya kamu simak beberapa hal yang perlu untuk diperhatikan sebelum berinvestasi ruko agar tidak perlu melakukan hal – hal alternative diatas.

Hindari membeli ruko pada lokasi yang tidak atau belum berkembang dan tidak memiliki prospek untuk berkembang. Karena hal ini sifatnya masih spekulatif. Hindari pula tempat yang jauh dari keramaian. Jika kamu memilih ruko pada lokasi ini perkembangan ruko yang kamu miliki akan cukup lambat.

Ruko yang terletak di jalan – jalan besar umumnya lebih banyak diminati. Semakin banyak kantor cabang atau ATM yang ada dilokasi tersebut semakin baik pula untuk investasi ruko. Keberadaan bank pada suatu tempat dinilai sebagai banyaknya transaksi.
Perhatikan lalu lintas yang ada di jalan tersebut. Umumnya perusahaan – perusahaan kecil atau penyedia jasa ritel akan mencari lokasi ruko atau rukan di kawasan yang ramai dilewati oleh banyak orang.

Ruko yang terletak di kawasan perumahan patut untuk dipertimbangkan. Hal ini karena ruko disana akan menjadi bagian komersial dari perumahan tersebut. Sepanjang perumahan tersebut telah hidup investasi ruko layak dijalankan. Tapi demand terhadap ruko pun bergantung pada okasi perumahan yang akan kamu pilih.

Sebelum melakukan investasi ruko, prediksi bisnis seperti apa yang akan menjadi penyewa ruko milikmu. Utamakan perusahaan atau usaha yang sudah atau terprediksi mapan. Misalnya bank, bakery, fast food atau outlet yang sudah memiliki brand. Karena penyewa yang memiliki bisnis belum mapan cenderung akan menyewa dalam jangka waktu yang sebentar 1 atau 2 tahun saja.

Sebagai investasi sangat disarankan untuk menyewakan ruko untuk lembaga keuangan seperti bank atau kantor franchise, biasanya mereka akan menyewa ruko dalam jangka waktu yang cukup lama. Bahkan uang muka yang mereka berikan pun cukup besar.
Pada intinya lakukan apapun yang bisa kamu lakukan untuk memberikan fungsi pada sebuah bangunan atau properti yang kamu miliki. Jangan biarkan properti tersebut terbengkalai. Lakukan dan terapkan daftar solusi diatas. Sesuaikan dengan kondisimu saat ini.


EmoticonEmoticon