Selasa, 10 Oktober 2017

Praktis! Inilah Tahapan Beli Rumah Lelang Lewat Online

Praktis! Inilah Tahapan Beli Rumah Lelang Lewat Online

Perkembangan sektor properti di Indonesia sudah tergolong menjanjikan. Perumahan di Surabaya adalah salah satu hunian yang pas dari segi kualitas bangunan, fasilitas, serta lokasinya. Anda dapat menikmati rumah yang pas di hati yang terdapat di kawasan perumahan tersebut. Proses pembeliannya juga praktis dengan sistem lelang via online. Berikut ini adalah penjelasannya untuk Anda.

1. Mendaftar ke Situs
Langkah pertama yang harus dilakukan untuk membeli rumah dengan sistem lelang secara online ini adalah mendaftar ke suatu situs, yaitu situs resmi Lelang DJKN. Dalam situs ini, Anda bisa memeriksa secara langsung mengenai properti yang dilelang oleh Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN).
Sistem lelang online tersebut bisa diawali dengan cara klik tombol sign up guna mendaftarkan akun pribadi yang resmi. Setelah klik tombol tersebut, muncullah daftar isian dengan beberapa data yang harus diisi. Anda juga harus mencantumkan alamat email yang valid untuk memverifikasi akun resminya.

Setelah memverifikasi akun dengan mencantumkan alamat email, Anda akan mendapatkan pesan email berupa kode aktivasi untuk mengaktifkan username pada akun Anda. Setelah memperoleh kode aktivasi tersebut, aktifkanlah akun resminya. Setelah metode ini, akun pribadi tersebut berstatus aktif dan bisa digunakan dalam proses transaksi jual beli lelang.

2. Memilih Objek yang Dilelang
Setelah proses pendaftaran dan pengaktifan akun, Anda bisa langsung login ke sistem lelang dan mengikuti urutan beli rumah lelang secara online. Anda dapat memilih properti atau rumah yang berada di perumahan daerah Surabaya. Situs resmi tersebut memuat aneka jenis rumah dijual di seluruh wilayah Indonesia. Anda dapat memilih lokasinya sesuai kebutuhan, di mana dalam hal ini adalah Surabaya.
Setelah memilih lokasi Surabaya, maka carilah rumah yang dilelang dari kawasan perumahan Surabaya. Pilihlah rumah yang terjamin kualitas bangunannya, yaitu rumah aman sekaligus nyaman untuk ditempati. Spesifikasi yang tercantum dalam setiap jenis rumah beserta visualisasi yang jelas dapat membantu Anda untuk memilih rumah yang diperlukan.

3. Mendaftarkan Nomor Identitas dan Bayar
Setelah menentukan dan mengambil keputusan, kini saatnya Anda mendaftarkan nomor identitas Anda, yaitu nomor KTP dan NPWP, serta mengunggahnya dalam bentuk softfile. Tahap berikutnya, Anda harus mendaftarkan rekening dengan nama sendiri atau pribadi agar segera mendapatkan nomor Virtual Account (VA) yang berfungsi untuk menyetorkan uang jaminan.

Beberapa tahapan tersebut harus dilakukan dengan teliti agar mempercepat proses beli rumah menggunakan metode lelang online. Meskipun praktis, Anda tetap harus mencermati setiap prosesnya, termasuk proses pembayarannya juga. Kelancaran dalam sistem lelang juga berasal dari lancarnya pengiriman uang jaminan ke Virtual Account tersebut.

4. Mulai Proses Lelang atau Bid
Sesudah semua dana disetorkan ke Virtual Account, maka uang jaminan tersebut akan diterima oleh pihak KPKNL (Kantor Pelayanan dan Kekayaan Negara dan Lelang). Selanjutnya, Anda akan memperoleh nomor token yang menjadi kunci pembuka untuk melaksanakan lelang atau bid.

Sebelum memulai proses lelang seperti lelang perumahan di Surabaya contohnya, Anda harus menyetujui seluruh persyaratan dan ketentuan yang berlaku dalam sistemnya. Jika sudah menyetujui seluruhnya, maka Anda bisa melakukan penawaran berulang kali sampai waktu lelang habis dan dinyatakan ditutup. Hal ini bisa mengoptimalkan penawaran yang Anda lakukan.

Dalam proses beli rumah secara lelang, usahakan Anda tetap memantau hingga ditutup guna mengetahui perkembangan dan Anda memperoleh kesempatan untuk melakukan penawaran lebih jauh. Dengan demikian, penawaran dalam beli rumah secara lelang dapat dimanfaatkan secara optimal.

5. Pengumuman Pemenang Lelang
Usai proses lelang ditutup, berikutnya adalah pengumuman pemenang lelang. Pada proses penutupan lelang, sistem pada website akan secara otomatis merekap keseluruhan penawaran harga yang bisa dilihat dari aplikasi ataupun email dari setiap anggota lelang. Proses terakhir berupa pengumuman akan dilakukan melalui email berupa pesan pemberitahuan.

Pesan pemberitahuan tersebut akan dikirimkan kepada pemenang lelang dan kepada seluruh peserta lelang, disertai seluruh hak dan kewajibannya. Untuk Anda yang belum memenangkan proses lelang, Anda berhak memperoleh kembali uang jaminan, sedangkan pemenang diminta melunasi objek yang dimenangkan, minimal selama 5 hari kerja usai lelang yang ditujukan ke Virtual Account.

Pemenang lelang akan dikenakan biaya lelang senilai 2%-5% serta wajib membayar BPHTB (Bea Perolehan Hak Atas Tanah dan Bangunan). Biaya-biaya ini harus dibayarkan hingga lunas dengan jangka waktu yang sudah ditentukan. Jika Anda berposisi sebagai pemenang lelang, maka kewajiban tersebut harus dipenuhi.

Jual beli rumah dengan sistem lelang lewat cara online tersebut memang sangat praktis. Beberapa tahap jual beli rumah di kawasan perumahan di Surabaya tersebut bisa membantu Anda untuk mempercepat proses transaksi, sehingga berjalan secara efektif dan efisien. Hunian yang nyaman juga bisa diperoleh dengan mudah lewat situs online. Selain memenuhi kebutuhan tempat tinggal, sistem ini sangat menarik digunakan dalam bisnis perumahan.


EmoticonEmoticon