Kamis, 21 September 2017

Tips Hemat dan Cermat Berbelanja Online

Tips Hemat dan Cermat Berbelanja Online

Taletovic. Di era yang serba teknologi dan serba digital seperti sekarang ini, belanja online sudah menjadi kebutuhan dan gaya hidup bagi kebanyakan orang. Selain kemudahan dan kepraktisannya dalam berbelanja, efisiensi waktu dan tenaga pun bisa dijadikan alasan orang-orang untuk berbelok dari berbelanja konvensional ke belanja online. Alasan lain, kecenderungan harga dengan cara belanja online relatif lebih murah dibandingkan dengan harga di toko atau market konvensional.

Banyak sekali kemudahan yang didapat dengan berbelanja secara online. Selain serba ada dan komplit juga serba leluasa untuk memilih barang dan item dimanapun dan kapanpun. Apalagi penyedia belanja online telah melengkapi fitur berbelanja menjadi lebih menyenangkan dengan sekali klik. Misalkan, Anda ingin bayar tagihan indovision atau anda ingin beli tiket Atlantis Water Adventure bisa dilakukan kapanpun dab di manapun Anda berada hanya dengan bermodal smartphone atau laptop.

Tapi dibalik semua kemudahan dan kelebihan di atas, belanja online juga dapat memicu pemborosan jika kita tidak cermat dalam mengelola keuangan. Nah, di bawah ini ada beberapa tips berbelanja online agar lebih hemat dan cermat.

1. Selalu Susun Daftar Belanja
Hal yang sering dilupakan banyak orang ketika belanja secara online adalah membuat daftar belanja. Belanja secara online sebenarnya sama saja dengan belanja secara konvensional. Bedanya hanya bertemu secara langsung dan tidak, tapi tetap kamu bisa memilih barang yang kamu butuhkan. Menyusun daftar belanja dapat mengontrol pengeluaran berbelaja, agar jelas mana yang dibutuhkan dan bukan mana yang diinginkan. Ketika memasuki lapak online, kita akan disuguhkan banyak sekali aneka produk yang menarik. Apabila tidak ada antisipasi, maka akan membuat kita kehilangan kontrol diri sehingga overbudget.

2. Belanja di hari dan waktu yang tepat
Beberapa ecomerrce/toko online memberikan penawaran khusus pada produk-produk tertentu di hari tertentu pula. Selain itu terkadang menawarkan diskon untuk produk-produk tertentu pada jam-jam khusus. Maka gunakan penawaran harga spesial terbut untuk berbelanja sesuai kebutuhanmu.

3. Gunakan Kode Promo
Cara lain untuk hemat belanja dan bisa mendapatkan harga murah adalah dengan memanfaatkan promo dari toko online yang kita tuju. Cara mendapatkan kode promo pub sangat mudah. Ketikan saja keyword ‘kode promo’ dan sebutkan toko online yang hendak kamu tuju di Google, Anda akan menemukan beragam kode promo dari toko online tersebut. Atau mencari kode promo dari berbagai toko online yang ada. 

4. Memanfaatkan Voucer dan Kupon Diskon
Biasanya, ketika Anda membuka toko online tertentu selalu ada popup yang menawarkan diskon berbelanja dan disertakan kode voucer. Banyak orang mengabaikan popup ini sehingga langsung menutupnya, padahal hal tersebut dapat menghemat belanja Anda. Jika Anda adalah orang yang pertama kali mengunjungi sebuah toko online, Anda akan diberikan voucer bahkan diskon untuk Anda gunakan hanya dengan membuat akun di situs itu.

5. Belanja dengan Sekaligus
Untuk menghemat ongkos kirim, usahakan untuk membeli barang-barang yang dibutuhkan dengan cara sekaligus checkout. Selain itu kebutuhan Anda yang harus diutamakan. Jika belum terlalu dibutuhkan, sebaiknya Anda tunda terlebih dahulu keinginan tersebut. Langkah ini dapat terhindar dari keinginan belanja barang-barang yang sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan.

Itulah beberapa tips belanja online yang bisa kamu lakukan yang bisa membantu Anda lebih hemat dan cermat saat berbelanja secara online. Semoga dapat membantu belanjamu. 


EmoticonEmoticon