Sabtu, 05 Agustus 2017

4 Hal Ini Bisa Memperlancar Rezeki Kamu


 Siapa yang tau kapan rezeki datang? Kita semua tidak ada yang tahu, hanya Tuhan seorang. Bagi orang-orang optimis dengan aksi bekerja keras dan tidak lupa berdo'alah yang akan dipermudah dalam mengais rezeki. Tentu rezeki yang halal dan didapat dengan cara yang halal pula.

Ada banyak amalan atau ibadah untuk mengundang datangnya rezeki. Amalan atau Ibadah ini sangat mudah dilakukan jika Anda berniat mencari rezeki karena Alah. Berikut empat amalan yang dapat memperlancar datangnya rezeki.

1.  Shalat Tahajjud atau Shalat Malam
Shalat tahajjud sebaiknya dilakukan di sepertiga malam, karena waktu tersebut waktu paling utama untuk berdo'a. Nabi Muhammad bersabda:

"Ketika kalian tidur, setan membuat tiga ikatan di tengkuk kalian. Di setiap ikatan setan akan mengatakan ‘malam masih panjang, tidurlah!’ Jika ia bangun lalu berdzikir pada Allah, lepaslah satu ikatan, kemudian jika ia berwudhu, lepas lagi ikatan berikutnya. Selanjutnya jika ia mengerjakan shalat, lepaslah ikatan yang terakhir. Di pagi hari dia akan bersemangat dan bergembira. Jika tidak melakukan seperti ini, jiwanya jadi kotor dan malas" . (HR Bukhari)

Hadits tersebut menegaskan bahwa orang yang sering shalat tahajjud cenderung semangat bekerja karena berjiwa semangat di pagi hari untuk memulai bekerja. Selain semangat, Allah akan memudahkan dalam setiap urusan kita.

2. Berdoa di Pagi Hari
Sikap bersyukur saat pagi hari sangat penting untuk dipanjatkan. Selain karena Allah masih memberikan kesempatan hidup juga karena memberikan kesempatan untuk bekerja lebih giat lagi. Pagi hari merupakan waktu makbul untuk berdo'a, Nabi Muhammad bersabda:

"Rabb kita Tabaraka Wa Taala turun setiap malam ke langit dunia hingga tersisa sepertiga malam terakhir, lalu Dia berkata ‘Siapa yang berdoa kepadaKu, aku akan memperkenankan doanya. Siapa yang meminta kepadaKu, pasti akan Kuberi. Dan siapa yang meminta ampun kepadaKu, pasti akan aku ampuni”. (HR Bukhari dan Muslim)

Sepertiga malam terakhir mendekati pagi hari merupakan kesempatan emas untuk memohon kepada Allah untuk dilancarkan rezeki kita.

3. Bersedekah di Pagi Hari
Bersedekah memang bisa dilakukan kapan saja, tidak ada batasan waktu. Namun bersedekah di pagi hari merupakan langkah yang tepat sebagai umpan rezeki hari itu. Rasulullah bersabda:

"Tidaklah berlalu pagi di setiap hari kecuali ada dua malaikat yang turun dan berdoa “ya Allah berikanlah ganti pada yang berinfaq” Sedangkan malaikat yang satunya berdoa “ya Allah berikanlah kebangkrutan bagi yang enggan berinfaq”. (HR Bukhari dan Muslim)

Jadi bersedekah atau berinfaq di pagi hari kemungkinan terkabulnya lebih besar dan lebih agung. Apalagi besedekah sambil berdo'a akan lebih manjur lagi do'anya.

4. Shalat Dhuha
Banyak sekali keistimewaan dan keutamaan shalat dhuha. Salah satunya apa yang Rasulullah sabdakan:

"Engkau membersihkan dahak yang ada dalam Masjid adalah sedekah, engkau menyingkirkan sesuatu yang mengganggu dari jalan adalah sedekah. Maka jika engkau tidak menemukannya (sedekah sebanyak itu) maka dua rakaat dhuha sudah mencukupimu". (HR Abu Dawud)

Jadikan shalat dhuha sebagai umpanan untuk memperlancar rezeki setiap harinya. Dengan shalat dhuha 2 rakaat Allah akan cukupi paginya, dengan 4 rakaat Allah cukupkan rezekinya hari itu. 

4 ibadah di atas insya Allah dapat memperlancar rezeki kita diberengi dengan usaha yang giat dan sungguh-sungguh. Selain amalan di atas tentu masih banyak amalan atau ibadah lain yang dapat memperlancar rezeki kita. Keempat amalan di atas dilakukan saat pagi hari dalam memulai mencari rezeki halal. 


EmoticonEmoticon