Selasa, 04 Juli 2017

Sayuran dan Buah Dibekukan Masih Sehat?

Sayuran dan Buah Dibekukan Masih Sehat?

 Terkadang masih banyak sisa sayur belum diolah atau buah yang tidak termakan, kebanyakan ibu akan memasukkannya kedalah kulkas untuk dibekukan agar tetap segar. Banyak sekali yang mengatakan, sayur atau buah yang dibekukan kandungan gizinya akan berkurang dan tidak sehat untuk di konsumsi. Apakah begitu?

Seperti yang dilansir dari The Guardian, Selasa (4/7/2017) ternyata kandungan gizi dalam sayur dan buah yang dibekukan tidak berkurang sama sekali. Asalkan tidak melibatkan bahan kimia dalam pembekuan sayur dan buah seperti blanching vegetables.

Seorang peneliti dari University of California, Ali Bouzari dengan beberapa teman-temannya telah membandingkan nutrisi dalam delapan buah dan sayuran yang segar dan beku. Mereka meneliti  wortel, jagung, brokoli, kacang polong, bayam, strawberry, kacang hijau, dan blueberry. Dari hasil penelitian tersebut, mereka tidak menemukan perbedaan yang signifikan antara yang segar dan beku.

Bahkan dari penelitian tersebut menemukan kandungan vitamin C lebih tinggi pada kacang hijau, blueberry, dan  jagung yang dibekukan dibanding yang segar. Selain itu, vitamin B lebih banyak terkandung dalam brokoli beku dibandingkan yang segar.

Hasil lain menunjukkan, serat dan kadar mineral seperti kalsium, magnesium, seng, dan besi pada sayuran dan buah beku tidak memiliki perbedaan yang signifikan dengan kandungan pada sayuran dan buah yang segar.

Bagi mereka yang suka sekali mengonsumsi sayur dan buah menganggap pembekuan dapat menghentikan proses pembusukan. dengan kesimpulan, sayuran dan buah jika disimpan dengan baik di lemari es, bisa mempertahankan kandungan mineral dan vitamin yang ada di dalamnya sehingga masih sehatsekali untuk dikonsumsi.

1 komentar

Selama ini lebih sering disimpen di rak kulkas paling bawah. Dingin, tapi nggak beku. Ternyata justru lebih bagus kalau dibekukan, ya.


EmoticonEmoticon