Kamis, 06 Juli 2017

Cara Cepat dan Tepat Atasi Kremian (Gatal Pada Anus)

Cara Cepat dan Tepat Atasi Kremian (Gatal Pada Anus)

 Anus terasa gatal mendadak? Atau terasa ada yang bergerak-gerak halus pada anus? Bisa dipastikan Anda terjangkit cacing kremi. Kremian memang menimbulkan rasa gatal. Biasanya kremian sering terjadi pada anak-anak, namun bisa juga terjadi pada orang dewasa. Kremian merupakan gejala gatal pada anus yang disebabkan oleh cacing kremi atau threadworms, biasanya disertai dengan timbulnya rasa nyeri di sekitar anus.

Efek dari kremian adalah turunnya nafsu makan, radang usus buntu. Pada anak-anak, selain nafsu makan turun dan radang usus buntu biasanya menyebabkan kondisi badan menjadi lemah serta lebih cengeng atau sensitif. Pada orang dewasa, cacing kremi bisa menyebabkan peradangan pada sekitar alat kelamin, terutama pada kaum wanita jika tidak segera diatasi. Pada wanita bisa menyebabkan peradangan pada mis. V  dan peradangan saluran indung telur atau salpingitis.

Jika hal di atas terjadi, segera untuk cepat diatasi dan pastikan untuk tidak menggaruk bagian anus, baik secara langsung maupun dengan menggunakan kain. Karena garukan pada sekitar anus dapat menyebabkan iritasi yang dapat menyebabkan kembang biak bakteri dari cacing kremi meningkat. Cobalah untuk melakukan beberapa hal di bawah ini:

1. Cuci Dengan Sabun Antiseptik
Langkah awal yang harus Anda lakukan adalah mencuci bagian anus dan sekitarnya (sampai bagian kelamin) dengan menggunkan sabun antiseptik. Tidak hanya bagian luar saja, cobalah mencuci sedikit bagian dalam anus. Caranya masukkan sedikit bagian jari secara perlahan dengan sabun antiseptik. Terakhir bilas sampai bersih.

2. Oleskan Salep atau Krim Pereda Gatal
Langkah kedua adalah menoleskan salep atau krim pereda rasa gatal pada anus dan sekitarnya. Krim ini banyak macamnya dan bisa Anda dapatkan di apotik terdekat.

3. Minum Obat Anti Parasit
Selanjutnya adalah minum obat anti parasit seperti mebendazole dan pirantel pamoat. Obat-obat tersebut sudah banyak tersedia di apotik. Pelu menjadi catatan, tidak hanya si penderita yang minum obat anti parasit melainkan seluruh anggota keluarga harus minum obat tersebut. Hal ini disebabkan karena infeksi cacing kremi mudah menular.

4. Menjaga Kebersihan
Langkah paling penting adalah menjaga kebersihan, baik badan, pakaian, tempat tidur, tempat makan, peralatan rumah tangga dan lain sebagainya. Karena kebersihan kunci segala hal, termasuk kesehatan. Selain itu cobalah untuk menjaga kuku tetap pendek dan bersih serta tidak memasukkan ke dalam mulut dan selalu mencuci tangan sebelum makan.


Itulah beberapa langkah yang harus dilakukan ketika cacing kremi menyerang anus Anda atau anak Anda. Jangan khawatir, cacing kremi tidak menyebabkan kerusakan yang parah pada tubuh. dan tidak butuh waktu lama untuk membasminya. Cukup menerapkan langkah-langkah di atas Anda sudah bisa menyingkirkan cacing kremi dengan cepat.

Nama saya Munadi Syarif.

Saya anak dari kedua orang tua saya. Saya seorang Blogger sejak 2013 silam. Selain kerjaan ngeblog, saya juga seorang mahasiswa tulen :). Silahkan kunjungi website saya www.munadisyarif.com

Related Posts

0 komentar: