Rabu, 05 Juli 2017

3 Tanda Serius Stop Gunakan Ulang Botol Minum Plastik

3 Tanda Serius Stop Gunakan Ulang Botol Minum Plastik

 Pernahkah Anda menggunakan botol plastik atau botol bekas air mineral untuk menyimpan air? Berapa kali Anda gunakan? Dari sekarang Anda harus berhati-hati dengan botol plastik yang telah digunakan berkali-kali.

Memang botol plastik menjadi salah satu andalan banyak orang untuk menyimpan air minum dengan praktis. Karena kepraktisannya, botol plastik kemungkinan besar kerap sekali digunakan berulang-ulang. Padahal hal tersebut dapat menimbulkan resiko yang serius pada kesehatan tubuh.

Namun banyak juga di antara botol plastik yang aman digunakan berulang-ulang. Jadi, botol plastik seperti apa yang tidak aman? Seperti yang saya lansir dari laman Brightside, Selasa (4/7/2017), berikut tanda-tanda botol plastik yang sebaiknya tidak digunakan berulang-ulang.

1. Tanda di dasar botol
Terkadang botol plastik mengandung bahan kimia berbahaya, khususnya bagi tubuh. Coba perhatikan, selalu terdapat tanda di dasar botol yang mirip segitiga. Apabila bertanda 1 (PETE atau PET) maka botol tersebut aman digunakan untuk sekali pakai saja.

2. Pada leher dan atas botol
Terkadang leher botol plastik kurang mendapat perhatian ekstra ketika mencucinya. Padahal bagian inilah merupakan tempat yang paling kotor. Apalagi selalu bersentuhan dengan bibir ketika minum. Apabila Anda tidak mencucinya dengan sangat bersih, maka di sana banyak sekali bakteri yang merugikan dan dapat menyebabkan hepatitis A. Juga, hindari minum dengan botol plastik secara bergantian, rentan sekali bakteri untuk masuk ke tubuh Anda.

3. Dapat menyimpan banyak bakteri
Banyak orang berpikir, botol plastik yang sering digunakan itu bersih, karena hanya diisi air. Tentu tidak begitu, para ilmuwan mengatakan, justru hal tersebut membiarkan bakteri berkembang biak. Bila sering Anda gunakan tanpa mencucinya, maka jumlah bakteri di dalam botol bisa sama dengan jumlah bakteri di toilet. Sehingga botol plastik harus selalu dicuci sebelum digunakan kembali, terutama botol minum yang bukan sekali pakai.


Nama saya Munadi Syarif.

Saya anak dari kedua orang tua saya. Saya seorang Blogger sejak 2013 silam. Selain kerjaan ngeblog, saya juga seorang mahasiswa tulen :). Silahkan kunjungi website saya www.munadisyarif.com

Related Posts

2 komentar:

  1. Wahhhh baru ngehhh.
    Ternyata nggak aman ya kaloga ada tanda segitiga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tanda segitiga buat tanda bahwa bahan ini bisa didaur ulang, nah nomor yang di dalem tanda segitiga itu yang menentukan apakah botol ini aman digunakan berkali-kali atau tidak.

      Hapus