Friday, June 23, 2017

Masih Layakkah Beli iPhone 5s di Tahun 2017?

Masih Layakkah Beli iPhone 5s di Tahun 2017?

 Di artikel pertama ini saya ingin sedikit curhat tentang sebuah device lawas keluaran tahun 2013, yaitu iPhone 5S. Apakah masih layak di tahun 2017. Saya sudah memakainya sekitar 1 bulan. 

Inilah beberapa poin yang menurut saya iPhone 5S masih layak untuk dibeli di tahun 2017.

Pertama, Desain. Menurut saya desain iPhone 5s tidak jadul-jadul amat, masih bisa bersaing dengan smartphone keluaran tahun 2017. Sekujur tubuhnya sudah dibalut frame metal yang biasa dipakai oleh smartphone saat ini. Saya sekarang lebih suka dengan smartphone yang berbody metal ketimbang memakai model plastik. Penampilannya terlihat lebih laki dan pada saat dipegang lebih nyaman dibandingkan yang berbody plastik. Tapi kekurangan berbody metal adalah lebih cepat menghantarkan panas, apalagi iPhone 5s ini kalau dipakai bermain game lumayan inten, panasnya terasa sekali di sekujur bodinya. Kesimpulannya dari sektor desain walaupun modelnya lawas tapi masih bisa diadu dengan smartphone keluaran saat ini.

Kemudian yang kedua, yaitu Ferforma. Kalau bahas iPhone ndak usah ngomongin spesifikasi ya kalau dibandingkan spek smartphone saat ini, sudah jelas tertinggal termasuk iPhone seri terbarunya. Smartphone lain sudah memakai RAM 3-6 GB, iPhone masih saja pakai RAM 1-2 GB. Smartphone lain sudah memakai baterai beribu-ribu mAh, yang ini masih tetap setia dengan 1500 mAh. Tetapi dengan spek yang bisa dibilang alakadarnya, iPhone 5S mampu menaklukkan segala medan. Multitasking, lancar jaya. Game  HD, sikat bung. Untuk urusan performa saya tidak banyak complaint soal ini, jos dan mantap. 

Ketiga, kamera. Rata-rata orang menilai bagus atau tidaknya smartphone adalah dari seberapa bagus yang dihasilkan saat memotret. iPhone 5s dibekali kamera utama hanya 8 megapixel dan kamera depan hanya 1,2 megapixel. Anehnya dengan 1,2 megapixel untuk kamera depan kalau dibandingkan dengan kamera smartphone jaman sekarang pastinya sudah jadul, tapi kualitasnya bisa diadu. Menurut saya untuk urusan kamera iPhone 5s cukup bagus, kalau kondisi banyak cahaya atau outdoor. Kamera depan iPhone 5s walaupun beresolusi kecil dengan kondisi cahaya oke hasilnya tidak mengecewakan, warna akurat, detail juga cukup bagus dan bisa dibilang memuaskan. Tapi ingat sekali lagi, kalau kondisi dan pencahayaannya bagus. Kalau kondisi lowlight bisa dipastikan akan muncul noise di mana-mana, apalagi kamera depannya. 

Masalah recording video, iPhone 5s sudah bisa 1080p di 30fps cocok buat temen-temen yang suka bikin video  mengabadikan moment. Selain itu, kamera iPhone 5s sudah dibekali fitur slowmotion. Yang saya tidak suka dari kamera iPhone itu fiturnya simple sekali, tidak ada mode Pro ataupun manual. Menurut saya pribadi, ini menjadi salah satu kekurangan yang sedikit mengecewakan, pasalnya fitur manual sangat dibutuhkan ketika kondisi pencahayaan yang kurang. Sehingga solusi yang harus saya ambil adalah membeli aplikasi kamera pihak ketiga yang tidak sedikit merogoh kantong. Tapi semua itu tidak membuat saya terlalu kecewa dengan hasil video dan fotonya iPhone 5s, menurut saya lebih dari cukup. 

Yang terakhir dan yang menurut saya paling penting, yaitu fitur keamanannya. Jujur saya suka dan tertarik dengan fitur keamanan iPhone, semua  data-data user tersimpan aman di iCloud. Misalnya nih iPhone kita digondol maling, maka kita bisa mencarinya di iCloud dengan fitur find my iPhone. Selain bisa melacak, iCloud  juga bisa mengunci iPhone kita dari jarak jauh. Kalau sudah dalam posisi lock, 1 banding 1000000 orang yang bisa membobol iPhone. 

Fitur menarik lain iPhone 5s adalah sudah terpasang fingerprint, seperti smartphone kekinian. Tapi asal kalian tau, ketika membuka iPhone, fingerprint tidak boleh kotor atau terdapat minyak di tangan kalian, iPhone akan sulit mendeteksi finger kita. Mungkin karena teknologi fingerprint sensornya yang masih jadul. 

Kesimpulannya, apakah iPhone 5s masih layak untuk dibeli di tahun 2017? Menurut saya pribadi masih layak, mungkin sampai 2 tahun mendatang iPhone ini masih layak digunakan. Apalagi pihak Apple menjanjikan bahwa iPhone 5s bakal kebagian update iOS 11 yang baru-baru ini banyak dibicarakan dan disanjung karena kerennya. Untuk harga barunya sendiri di sekitaran 3,5 jutaan dengan garansi resmi dari Apple, bukan produk baru ya tapi rekondisi dari pihak Apple, so jangan takut fake. Mungkin di konter-konter terdekat lebih murah, tapi harus hati-hati ya saat membeli.

Oke sekian dulu review dari saya, semoga membantu bagi kalian yang ingin membeli iPhone 5s saat ini. 

1 komentar

Halo,
Nama saya Marcia Retnawati dari kota Batan Miroto Semarang di Indonesia, saya ingin menggunakan media ini untuk menyarankan semua orang untuk berhati-hati dalam mendapatkan pinjaman di sini, jadi banyak pemberi pinjaman di sini adalah penipu dan mereka hanya di sini untuk menipu Anda dari uang Anda, saya mengajukan pinjaman sekitar 100 juta dari seorang wanita di Malaysia dan saya kehilangan sekitar 6 juta tanpa mengambil pinjaman, mereka bertanya lagi dan lagi untuk biaya, saya membayar hampir 6 juta masih saya tidak mendapatkan pinjaman,

Tuhan menjadi kemuliaan, saya bertemu dengan seorang teman yang baru saja mengajukan pinjaman, dan dia mendapat pinjaman tanpa stres, jadi dia memperkenalkan saya kepada Mrs. Alicia Radu, dan saya mengajukan permohonan untuk 500 juta, saya pikir itu adalah lelucon dan penipuan, tapi saya mendapat pinjaman dalam waktu kurang dari 24 jam hanya 2% tanpa jaminan. Saya sangat bahagia karena saya diselamatkan dari kemiskinan.

jadi saya menyarankan semua orang di sini yang membutuhkan pinjaman untuk dihubungi
Mrs Alicia Radu, melalui email: aliciaradu260@gmail.com

Anda masih dapat menghubungi saya jika Anda memerlukan informasi lebih lanjut melalui email: Marciaretnawati450@gmail.com

sekali lagi terima kasih semua untuk membaca kesaksian saya, dan semoga Tuhan terus memberkati kita semua dan memberi kita umur panjang dan kemakmuran


EmoticonEmoticon